5 Tips Biar Ramadanmu Lebih Hijau


Bulan suci Ramadan sudah seharusnya dapat menjadi momen aktualisasi dan pembuktian keindahan Islam, karena selain umat Muslim dituntun untuk menahan diri dari segala laku buruk, tindakan berlebihan (meskipun halal), mereka juga dilatih agar memiliki kepekaan sosial terhadap yang lain, baik terhadap sesama manusia maupun makhluk hidup lainnya (alam semesta).

Hari ini, setidaknya menurut analisis Yuval Noah Harari, kita boleh sedikit bernafas lega karena melihat kenyataan bahwa umat manusia sedang menuju masa perbaikan diri, baik dari segi kuantitas maupun kualitas, tetapi sebaliknya bagi keadaan bumi, yang menurutnya menjadi krisis disebabkan oleh tangan-tangan manusia sendiri.

Oleh karena itu, umat Muslim yang di dalam ajarannya cukup begitu concern terhadap persoalan keseimbangan alam, perlu melakukan upaya-upaya yang sekiranya dapat memberikan sumbangsih bagi keterpeliharaan alam.

Dilansir dari www.khaleafa.com setidaknya ada lima hal yang dapat kita lakukan supaya Ramadan tahun ini semakin hijau:

Berjalan Kaki
Salah satu cara paling mudah sekaligus ekonomis untuk mengurangi jejak emisi karbon dan gas rumah kaca ialah dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor. Kita kan bisa melakukannya ketika pergi ke masjid saat hendak berbuka puasa (iftar) atau salat tarawih. Selain akan menjadi pahala bonus bagi kaki-kaki kita di akhirat nanti, berjalan kaki juga tentunya menyehatkan bukan? Kita pun akhirnya terhindar dari stres akibat kemunculan tukar parkir “mistis” yang tiba-tiba muncul untuk menagih uang jasa penjagaan.

Katakan Tidak Pada Styrofoam
Mau jajan untuk persiapan berbuka? Jangan lupa bawa wadah sendiri, karena bukan hanya buruk bagi kesehatan, penggunaan styrofoam (yang biasanya disediakan oleh penjual) juga jauh dari kata ramah lingkungan, karena sifatnya yang sulit terurai. Daripada menggunakannya sebagai wadah makan sekali pakai kita, lebih baik beralih ke wadah organik.

Pakai Botol Isi Ulang
Di danau maupun laut-laut besar, 80% sampah pasti merupakan botol plastik sekali-pakai. Oleh karena itu guys, yuk  kita gunakan botol isi ulang saja. Dan ingat, perlu dijaga dengan penuh perhatian dan jangan sampai hilang, apalagi kalau merknya tupperware, karena kalau tidak, saya takut ibumu akan batal puasanya.

Matikan Listrik
Mengurangi atau bahkan mematikan listrik rumah saat salat tarawih tidak hanya berdampak berkurangnya biaya listrik, tetapi juga akan membuat bumi menjadi lebih sejuk. Enak bukan?

Hemat Air
Akan semakin banyak ibadah di bulan Ramadan ini, mulai dari membaca Alquran hingga salat tarawih. Oleh karena itu, pastikan bahwa kita benar-benar berhemat ketika berwudu. Salah satu cara sederhana yang dapat dilakukan ialah dengan memutar keran air di skala yang kecil saja, seperlunya. Kan tidak elegan kalau sampai tumpeh-tumpeh.

sumber gambar: rappler.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar