Islam dan Prostitusi


Islam merupakan sebuah agama fitrah yang sangat meluhurkan harkat dan martabat manusia, oleh karena itu segala bentuk tindakan seksual, dalam hal ini ialah berhubungan badan, dilarang jika tanpa ada ikatan pernikahan yang sah.

Bahkan, berpagi-pagi Islam telah memberi pagar batasnya, yakni mengajurkan kepada umat Muslim agar tidak mendekatinya. “Dan janganlah kau mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan jalan yang buruk” (QS. Al-Isra, 17: 32).

Dari ayat ini kita dapat menangkap makna bahwa kegiatan apa pun, jika hal tersebut mengarah kepada sesuatu yang akan dapat menumbuhkan hasrat seksual, bisa berupa nyanyian, tarian, pacaran, dan lain sebagainya, maka otomatis terlarang juga.

Tentu saja perintah ini bukan sesuatu yang tanpa dasar, karena Allah senantiasa memberikan aturan demi kebaikan manusia itu sendiri. Dengan demikian, yang patut diyakini sedari awal ialah bahwa kita perlu berpandangan positif terhadap apa-apa yang diperintahkan oleh Allah.

Meski tidak dapat melihat mengetahui hakikat segala aturan syariah-Nya secara menyeluruh, tetapi umat Muslim setidaknya dapat berpikir keras (jihad) dalam rangka mengetahui larangan berzina ini.
Di sinilah peran para ulama untuk memerincinya dengan menggunakan pendekatan maqasid syariah yang terdiri dari lima poin pemeliharaan. Pertama, ialah hifz al-din. Dalam keyakinan Islam, manusia hanya diberikan amanah atas segala hal yang diberikan oleh Allah, termasuk anggota tubuhnya. Karena sekadar titipan, maka manusia tidak boleh menggunakannya untuk sesuatu yang tidak diridai oleh Pemilik aslinya. Tidak dapat dibayangkan betapa runtuhnya agama jika manusia boleh berbuat seenaknya hanya karena merasa dia memiliki hak absolut atas apa yang dimilikinya.

Kemudian ada hifz al-nafs. Aturan menjauhi segala bentuk perzinahan atau seks bebas dalam Islam tegas dalam rangka melindungi jiwa manusia dari aneka kerusakan, seperti penyakit mental dan fisik (HIV/AIDS). Ketiga ada hifz al-nasl. Telah terang bahwa perzinahan akan merusak keharmonisan dan tatanan hidup dalam berkeluarga, sebuah wadah yang dalam Islam bukan sekadar tempat untuk memeroleh keselamatan dan perlidungan diri, melainkan lebih jauh sebagai tempat pendidikan keagamaan yang utama.

Selanjutnya ada hifz al-mal (memelihara harta) dan hifz al-aql (memelihara akal) yang juga rentan terkena dampak buruk jika prostitusi atau perzinahan dibiarkan.

Penulis menyadari bahwa ini bukanlah sekadar persoalan objek pezina, yang seringkali dilayangkan terhadap kaum perempuan, sebab Alquran sendiri memandang perkara ini tanpa melihat jenis kelamin.

Bahkan dalam surat An-Nur 30 terkesan bahwa laki-laki yang harus diingatkan terlebih dahulu dibandingkan perempuan di mana Allah berfirman, “Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, hendaklah mereka menahan pandangannya dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka...” Barulah di ayat selanjutnya anjuran memelihara kehormatan diri ditujukan kepada perempuan.  

Betapapun Allah Maha Pengampun. Bagi mereka yang telah terlanjur melakukan perzinahan tetapi memiliki tekad kuat untuk menyesali perbuatannya sembari bertaubat, sumber hadis secara implisit menyuruh para pelaku untuk tidak perlu menyerahkan dirinya ke lembaga pengadilan sebagaimana Rasulullah Saw. pernah mendapati seorang pezina yang datang menghadapnya untuk diberi hukuman.

Alih-alih segera mengeksekusi, Rasulullah terus-menerus menundanya, sebagian ulama berpendapat bahwa Nabi hendak berpura-pura mengabaikannya, hingga pada pertemuan yang ketiga. Tetapi karena pezina datang kembali, menagih untuk diberi hukuman, maka ia terpaksa untuk menindaknya.

sumber gambar: aceh.tribunnews.com

1 komentar:

  1. Enklosur.blosgpot.com adalah demo tema Enklosur, sebuah desain Blogger unik yang mengedepankan kesederhanaan fitur Blogger dalam smartphone Android.

    Kawan-kawan dapat memiliki dan memasang template ini dengan bebas biaya. Artinya, tidak dipungut biaya. Postingan tanpa menampilkan judul melalui smartphone, seperti status Facebook, kicauan Twitter, dan gambar di Instagram. Sila bagikan dan sebarluaskan, posting ulang sesuka Anda. Tema Enklosur ada untuk semuanya.

    Sila kunjungi Areapandang.blogspot.com untuk mengunduh dan memasangnya di blog kamu sesuai dengan konsep dan tata cara posting melalui aplikasi resmi Blogger untuk Android dari Google langsung.

    Salam,

    Padma Aksara Barya

    BalasHapus