Yang (mungkin) Belum Diketahui tentang Dunia Islam


 Jiva Agung

1.      Oman
Hampir seluruh penduduk Oman menganut agama Islam. Uniknya, negara yang terletak di pantai tenggara Semenanjung Arab ini memiliki beragam mazhab fikih, seperti Sunni, Syiah, dan khawarij moderat atau yang biasa disebut dengan Ibadhi. Yang terakhir disebut adalah mazhab pengikut Abdullah bin Ibadh at-Tamimi yang dalam produk fikihnya memiliki banyak kesamaan dengan Sunni mainstream. 



Betapapun, terdapat pula kesamaannya dengan Syiah Imamiyah seperti tidak bersedekap saat posisi berdiri dalam shalat, dan tidak mengeraskan ucapan kata amin setelah pembacaan Al-Fatihah selesai. Alih-alih saling mencaci, ketiga mazhab ini cenderung damai, bahkan sebagaimana dinyatakan oleh Prof. Sumanto Al-Qurthubi Oman memiliki track record yang menggembirakan terkait pemeliharaan hubungan antar umat beragama.

2.      Ahmadiyah
Banyak di antara umat Muslim yang memandang Ahmadiyah sebagai sebuah sekre sesat di dalam tubuh Islam. Tidak sampai di sana, bahkan tidak sedikit pula yang menyatakan bahwa mereka sudah keluar dari Islam. 




Di luar pernyataan tersebut, faktanya Ahmadiyah telah memiliki andil yang fantastis dalam usaha penyebaran Al-Quran ke seluruh penjuru dunia. Sudah ada ayat-ayat pilihan yang diterjemahkan ke dalam 114 bahasa seperti, Welsh; Ukranian; Tuvalu; Tongan; Tamil, dll , dan 50 bahasa terjemahan lengkap satu kitab Al-Quran, seperti Albanian; Bulgarian; Fijian; Greek; Hausa; Korean; Tagalog; Russian, dan lain sebagainya.

3.      Belajar Islam di Barat
Belajar keislaman di Timur Tengah seperti sudah menjadi suatu hal yang lumrah, karena memang Nabi Muhammad berasal dari sana. Tetapi, tahukah anda jika pusat ilmu pengetahuan, pun ilmu keislaman saat ini sedang berada di Barat? 


Bahkan universitas-universitas ternama di Timur Tengah sedikit banyak menjadikan Barat sebagai sumber primernya. Kampus-kampus sekaliber Harvard University, Oxford University, Cambridge University, McGill University, Leiden University, memiliki jurusan Islamic Studies yang cukup difavoritkan oleh banyak kalangan dari berbagai negara, termasuk pelajar dari Indonesia. 

Sumber gambar:
www.my-sweet-islam.blogspot.ca
www.islam-in-oman.com 
www.khalifaofislam.com
www.africascholarsip.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar